Sabtu, 18 Juni 2011

STRUKTUR DAN PERUBAHAN EKONOMI

Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari suatu fungsi di dalam suatu subsistem atau di dalam masyarakat yang meliputi aktifitas produksi, distribusi dan jasa. Ekonomi merupakan induk system dari beberapa subsistem lainnya, dimana subsistem tersebut memiliki peranan fungsional daam hubungannya dengan system ekonomi serta system sosial.
Menurut parson dan Smelser ekonomi bersifat adaptif, mempunyai tujuan, terintegrasi dan selalu berusaha mempertahankan polanya.
Glyn dan Sutclite mengatakan bahwa krisis yang terjadi di dalam kapitalisme inggris telah berkembang di karenakan desakan untuk meningkatkan taraf hidup buruh dan pada saat bersamaan inggris harus bersaing dengan Negara-negara kapitalis lainnya. Banyak issue dan problema yang berkaitan dengan sosiologi industry di pahami tidak hanya sebagai suatu masalah konflik atau masalah penyesuain dari suatu individu atau kelompok individu, tetapi juga merupakan suatu problema ekonomi pada tingkatan system.
Perubahan Dalam Struktur Ekonomi.
1. Teknologi
Berbagai penemuan baru, perkembangan teknologi dan perubahan dalam dunia telah mengubah secara radikal karakter industry inggris. Industry-industri dengan teknik baru memberikan kesempatan kerja yang cukup besar. Hal yang juga penting adalah bagaimana meningkatkan metode penerapan teknologi baru.
2. Nilai-Nilai
Nilai yang berlaku biasanya selalu disesuaikan dengan situasi dan kondisi agar memungkinkan dirinya mampu mengembangkan dan mengendalikan berbagai macam system sosial dan ekonomi dalam suatu masyarakat.
3. Organisasi
Suatu konsekuensi penting dari meningkatnya ukuran organiasi-oganisasi industry adalah meningkatnya kecendrungan monopoli dan oligopolies.
Variasi Dalam Lapangan Kerja Dan Meningkatya Kemakmuran
Secara keseluruhan di dalam periode setelah perang dunia ke II, di karenakan ekspansi ekonomi dan keadaan pasar semakin kuat, posisi tenaga kerja dalam persaingannya dengan para majikan di tunjukkan dengan semakin kuatnya posisi buruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar