Rabu, 15 Februari 2012

Cara Membuka PORTAL USU kalau lagi lemot



Beberapa semester terakhir, selalu banyak keluhan dari mahasiswa USU dalam hal pengisian KRS melalui Portal Akademik. Saya sendiri juga beberapa kali mengalami kesulitan tersebut. Mulai dari serifikat SSL milik USU yang sudah kadaluarsa sehingga memaksa kita membuat pengecualian, hingga masalah terakhir yang cukup aneh dan saya sendiri tidak mengetahui secara detail masalahnya. Tetapi, jangan ambil pusing dengan masalah teknis tersebut. Biarlah diselesaikan oleh yang bertanggung jawab (mungkin Pusat Sistem Informasi). Bagi mahasiswa yang kesulitan membuka Portal Akademik, coba ikuti trik berikut ini.

Sering kali akhir-akhir ini jika kita ingin membuka Portal Akademik, akan terasa sangat lambat. Bahkan terkadang muncul error seperti diperlihatkan pada Gambar 1 dan Gambar 2 berikut.

http://www.muhammadalvin.net/wp-content/uploads/2011/01/01_chrome-300x169.png
http://www.muhammadalvin.net/wp-content/uploads/2011/01/02_firefox-300x216.png
Trik untuk mengatasi masalah ini yaitu Anda tidak perlu bersusah payah membuka Portal Akademik melalui halaman depan website USU (www.usu.ac.id). Langsung saja buka halaman login Portal Akademik di sini:

http://portal.usu.ac.id/login/login.php

Seharusnya Anda bisa membuka halaman login Portal Akademik. Masukkan NIM dan password Anda, lalu seperti biasa tekan ENTER atau klik Login.

http://www.muhammadalvin.net/wp-content/uploads/2011/01/03_login-300x209.png
Kemungkinan proses login akan memakan waktu yang cukup lama. Setelah itu, kembali menampilkan error seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4 berikut.
http://www.muhammadalvin.net/wp-content/uploads/2011/01/04_https-300x195.png

Jika Anda memperhatikan address bar (yaitu tempat di mana kita mengetikkan alamat web yang mau dibuka), akan terlihat di sana kira-kira seperti ini:

https://portal.usu.ac.id/halaman_depan/...

Hapus huruf s yang ada di awal, sehingga https berubah menjadi http. Kemudian tekan ENTER. Seharusnya Anda bisa mendapatkan halaman setelah login berikut.
http://www.muhammadalvin.net/wp-content/uploads/2011/01/05_http-300x195.png

Sekarang Anda sudah bisa meng-klik menu yang diinginkan, misalnya Pengelolaan KRS. Jika setelah itu muncul kembali error yang sama, ganti https menjadi http seperti pada langkah sebelumnya. Selain dengan cara meng-klik menu lalu menunggu error muncul kemudian menggantinya dengan http, Anda juga bisa langsung menggantinya di awal. Caranya dengan meng-klik kanan menu yang Akan dipilih, lalu pilih Copy Link Location.
http://www.muhammadalvin.net/wp-content/uploads/2011/01/07_paste-300x195.png

Kemudian paste-kan di address bar. Ganti https menjadi http, lalu tekan ENTER.
http://www.muhammadalvin.net/wp-content/uploads/2011/01/08_krs-300x195.png

Sumber : http://www.muhammadalvin.net/2011/01/trik-membuka-portal-akademik-usu/
--> http:www.perangin-anginmergana.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar